Jika kata Course Review Horay diterjemahkan kedalam Bahasa
Indonesia, maka akan terdapat banyak arti, hal itu karena satu kata dalam Bahasa
Inggris memiliki banyak arti dalam Bahasa
yang lain. Namun, secara garis besar
kita dapat memahami apa itu metodeCourse Review Horay dari arti setiap katanya.
Kata “Course“ di dalam Bahasa Inggris berarti mata pelajaran, kata “review“
berarti pengulangan, dan kata “horay“ berarti kata hore dalam Bahasa
Indonesia. Maka, course review horay secara keseluruhan dapat diartikan atau
diterjemahkan dengan kalimat evaluasi mata pelajaran dengan bentuk pengulangan dimana
dibubuhkan kata hore bagi yang benar mengerjakannya.
Pembelajaran Course Review Horay aktifitas
belajar lebih banyak berpusat pada siswa. Dalam hal ini pada proses
pembelajaran guru hanya bertindak sebagai penyampai informasi,
fasilitatordanpembimbing. Suasana belajar dan interaksi yang menyenangkan membuat
siswa lebih menikmati pelajaran sehingga siswa tidak mudah bosan untuk belajar.
Langkah-langkah pembelajarannya sebagai
berikut :
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
- Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi.
- Memberikan kesempatan kepada siswa bertanya jawab.
- Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa.
- Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (√) dan salah diisi tanda silang (x).
- Siswa yang sudah mendapat tanda (√) vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya.
- Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh.
- Kesimpulan.
- Penutup.
Kelebihan :
Pembelajarannya menarik mendorong untuk
dapat terjun kedalamnya.
Melatih kerjasama.
Kekurangan:
Siswa aktif dan pasif nilainya disamakan.
ContohMateri yang sesuai :
Kelas 6 (Bumi Dan AlamSemesta) dan
(CiriKhususMakhlukHidup Dan LingkunganHidupnya).
Contoh :
Tata
suryaadalahsuatutatananatausistem yang terdiriatasmataharidanbenda-bendalangit
yang mengitarinya. Benda-bendalangit yang mengitarimatahariantaralain : planet,
asteroid, meteoroid, kometdansatelit.
Planet
Dalamtatasuryaada 8 planet
yaitumerkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus, danneptunus.
Planet-planet tersebutberedarmengelilingimatahari.Peredaran planet
mengelilingimataharidisebutrevolusiselainberevolusi planet
jugamelakukanrotasiyaitugerak planet berputarpadasumbunya.
Merkurius
Planet merkuriusletaknya paling
dekatdenganmataharidan planet yang terkecil.
Venus
Venus adalah planet yang
dekatdenganbumidanukurannyahampirsamadenganbumi.
Bumi
Bumiadalah planet tempattinggalkita
yang
berbentukbulattepatdikeduakutubnyadanpermukaanbumiterdiriataslautdandaratan.
Mars
Planet mars dikenaldengan planet
merahkarenapermukaannyadiliputidebu-debumerah.
Yupiter
Yupitermerupakan planet terbesar di
tatasurya ,yupiterdapatmelakukanrotasijauhlebihcepatdaripadabumi.
Saturnus
Saturnusmerupakan planet
terbesarkeduasetelahyupiter, saturnusmempunyaicincin yang mengelilinginya,
cincintersebutberupadebuhalus,kerikilkecildanbutiranes.
Uranus
Uranus diselubungiolehawantebal, Uranus
jugamempunyaisatelit yang jumlahnya 15 buah.Akan tetapi yang paling besarada 5
buahsatelityaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon.
Neptunus
Planet neptunusdisebut planet
kembar Uranus, permukaan planet berwarnabirudansebagianbesardiselubungilapisanescukuptebal.
Alasan
Menurutkelompok kami
materitatasuryainisangatcocokatausesuaidenganmetode course review horaydan di
sampingitujuga model pembelajarantersebutmengutamakanpembelajaranaktif, menarikdanmenyenangkankarenamenggunakanpermainan-permainan.
Pembelajaran yang dirancang Guru dapatlebihbervariatif, lebihbermakna,
menantangsekaligusmenyenangkan.
Contoh RPP Model Course Review
Horay
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : IlmuPengetahuanAlam
Kelas/Semester : IV / 1
AlokasiWaktu : 2 x 35 menit
StandarKompetensi
Memahamihubunganantaraciri-cirimakhlukhidupdenganlingkungantempathidupnya
KompetensiDasar
Mendiskripsikanciri-cirikhusus yang
dimilikihewandanmenjelasakanfungsinya (kelelawar, cecak, bunglon)
Indikator
1. Menyebutkanciri-cirikhusus yang
dimilikihewantertentu
2. Menjelaskanfungsicirikhusus yang
dimilikihewantertentu
TujuanPembelajaran:
1. Siswadapatmengetahuiciri-cirikhusus yang
dimilikihewan (kelelawar, cecak, bunglon)
2.
Siswadapatmendefinisikanfungsidariciri-cirikhusus yang dimilikihewan
(kelelawar, cecak, bunglon)
3. Siswadapatmemahamiciri-cirikhusus yang
dimilikihewandanfungsinya
MateriPelajaran (MateriPokok)
Ciri-cirikhususmakhlukhidupdanlingkunganhidupnya
(cirikhususpadahewan)
Model Pembelajaran
Course Review
HorayMetodePembelajaran
Ceramah
Demonstrasi
Tanya Jawab
Kelompok
Langkah-LangkahKegiatan
1. KegiatanAwal
Mengucapkansalam
Mengkondisikankelas
Berdo’a
Absensi
Siswamemperhatikanpenjelasan guru
mengenaiindikator yang akandicapaidalamkegiatanpembelajaran
Siswamempersiapkanmateriataubahan
ajar
Siswamemperhatikanapersepsi guru
2. KegiatanInti
Guru menjelaskanmateri yang akandipelajari
Guru
memperlihatkangambarhewankelelawar, cecak, danbunglon
Guru
memberikankesempatankepadasiswauntuktanyajawab
Guru
membagisiswamenjadibeberapakelompok, untukmengetahuipemahaman,
siswadisuruhmembuat 9 kotakdiisiangkasesuaidenganseleramasing-masing
Guru
membacasoalsecaraacakdansiswamasing-masingkelompokmenulisjawaban di dalamkotak
yang nomornyadisebutkan guru danlangsungdidiskuskan, kalaubenardiisitandabenar
(v) dansalahdiisitandasilang (x)
Siswa yang sudahmendapattandabenar
(v), harusberteriakhorayatauyel-yellainnya
Kemudian guru
dansiswabersama-samamenghitungdarijawabanbenarjumlahhoray yang diperoleh.
Kelompok yang paling
banyakmeneriakkanhoraymakakelompoktersebut yang menjadipemenang.
3. KegiatanAkhir
Guru
memberikanpemantapantentangmateri yang telahdipelajari
Guru
dansiswabersama-samamenyimpulkanpembelajaran
Media Pembelajaran
1. Gambar-gambarhewan
2. Bukukajiansiswa
SumberBelajar
Buku IPA (JendelaSainsLingkungan
Dan AlamSekitar), Kelas 6 Penulisoleh Sri Harmi, penerbitolehTigaSerangkaiPustakaMandiri
Penilaian
1. Teknik
: TesTertulis
2. BentukInstrumen :
TesUraian
3. Penilaian
: - Soal
- Kuncijawaban
Soal :
1. Jelaskanbagaimanacecakmenagkapmangsanya ?
2. Mengapacecakdapatberjalan di tempat yang
licintanpaterpeleset ?
3. Jelaskanbagaimanakelelawarmemprolehmakanan
?
4. Sebutkanciri-ciridarikelelawar ?
5.
Bagaimanacaracecakmempertahankandirinyadarimusuh ?
6. Bagaimanacarabunglonmempertahankandirinyadarimusuh
?
7. Sebutkanciri-ciribunglondanfungsinya ?
8. Sebutkanjenis-jeniscecak ?
9. Kenapamatabunglondisebutmatakhusus ?
KunciJawaban :
1. Cecakmenangkapmangsanyadengancaramerayap di
tempat yang terangdanmenggunakanlidahnya yang
panjangdanlengketuntukmenangkapmangsanya.
2. Karena di bawahjari-jari kaki
cecakterdapatlapisanpelekat yang memungkinkandapatberjalan di tembok, pohondan
di tempatlicintanpajatuh.
3. Kelelawarmenangkapmangsanyadengancaramengeluarkanbunyifrekuensitinggidanmenggunakanbunyipantuluntukmembantunyaterbang
di kegelapandanuntukmenangkapmakanannya.
4. Ciri-cirikelelawar :
Mempunyai 4 jari yang panjang
Ibujarinyapendekdanberkait
Jarikakinyabesar
Bercakarpanjangdanmelengkung
5. Cara
cecakmempertahankandirinyayaitumenanggalkanataumemotongekornyauntukmenghindarimusuh.
6. Cara
bunglonmempertahankandirinyayaitumengubahwarnakulitnyasesuaidenganwarnasekitarnya.
7. Ciri-ciribunglondanfungsinya :
Ekorfungsinyauntukmemegangmangsa
Jari-jari kaki
fungsinyaberpegangpada ranting danmenjagakeseimbangan
Lidahfungsinyauntukmenangkapmangsa
Mata
khususfungsinyauntukmelihatduaarah
8. Jenis-jeniscecak :
Cecakpohon
Cecakraksasaatautokek
9. Karenamatakhususbunglonitumenyebabkanbunglonmampumelihatduaarah
yang berbedadalamwaktubersamaan
BetMGM Casino Slots Free - Mapyro
BalasHapusGet directions, reviews and 서울특별 출장샵 information for BetMGM Casino Slots in Milwaukee, 제주도 출장마사지 WI. In the casino, all you need 부산광역 출장안마 is the cashier. The minimum 아산 출장안마 bet amount is $/£ 1/2. 정읍 출장안마